NAMA :
DIAN HARRISTIANINGSIH
NPM :
22213366
KELAS :
2EB16
BAB IX
EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI
DILIHAT DARI SISI ANGGOTA
A.
EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI
Salah satu hubungan penting koperasi adalah pada
setiap anggotanya, yang sekaligus menjadi sebagai pemilik dan pengguna jasa
koperasi.
Motivasi ekonomi anggota yang menjadi sebagai pemilik
dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang akan diserahkannya, apakah
bisa menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota yang menjadi sebagai pengguna
akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan terhadap barang dan jasa,
untuk yang tidaknya tergantung pada pelayanan koperasi tersebut.
Setiap anggota akan ikut berpartisipasi dalam
melaksanakan kegiatan pelayanan suatu perusahaan koperasi:
1.
Jika kegiatan tersebut sesuai kebutuhannya
2.
Jika pelayanan ditawarkan dengan menggunakan
harga, mutu dan syarat-syarat yang berkemungkinan akan lebih menguntungkan
dibanding dari pihak-pihak luar perusahaan
B.
EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA
Partisipasi anggota sangat menentukan keberhasilan
pada koperasi, sedangkan tingkat yang menjadi partisipasi anggota telah
dipengaruhi oleh besarnya nilai manfaat pelayanan suatu koperasi secara
utilitarian dan normative. Motivasi utilitarian akan sejalan dengan kemanfaatan
ekonomis, yang maksudnya adalah intensif berupa pelayanan pada barang-jasa yang
dapat dilakukan koperasi secara lebih efisien, atau adanya pengurangan dengan
biaya atau diperolehya harga yang menguntungkan serta penerimaan bagian SHU
secara tunai maupun bentuk barang. Jika dilihat dari peranan anggota, maka
setiap harga yang ditetapkan oleh koperasi harus bisa dibedakan antara harga
untuk anggota maupun harga non anggota, Perbedaan seperti ini megharuskan suatu
daya analisis yang lebih tajam dalam melihat koperasi pada pasar yang bersaing.
C.
ANALISIS HUB. EFEK EKONOMIS DENGAN KEBERHASILAN
KOPERASI
Koperasi yang bisa juga di artikan sebagai badan usaha
ekonomi yang bertujuan untuk menigkatkan pada kesejahteraan hidup para
anggotanya. Ditinjau dari konsep dan system koperasi, fungsi laba tergantung
pada besarnya partisipasi maupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin
tinggi partisipasi anggota semakin tinggi pula akan manfaat yang telah diterima
oleh setiap anggotanya.
Keberhasilan koperasi ditentukan oleh salah satu
faktornya adalah partisipasi anggota, yang terjadi pada partisipasi anggota
sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu sebagai manfaat
yang diperoleh oleh anggota koperasi.
D.
PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACA PELAYANAN
Bila suatu koperasi bisa lebih memenuhi pelayan yang
sesuai terhadap kebutuhan anggotanya dibandingkan dengan pesaingnya, maka
keikutsertaan anggota terhadap koperasi akan meningkat. Untuk lebih
meningkatkan pada pelayanannya kepada anggota koperasi membutuhkan suatu
informasi yang dating dari anggotanya sendiri.
Ada 2 faktor koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggota
koperasinya :
1.
Adanya tekanan persaingan dari organisasi
lain
2.
Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat
dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan akan
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar