NAMA :
DIAN HARRISTIANINGSIH
NPM :
22213366
KELAS :
2EB16
BAB XI
PERANAN KOPERASI
Menurut Undang-undang
No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan
antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan
masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh
perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan
kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran koperasi dalam
memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat ini sangat lah
banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau berdagang pada koperasi tersebut.
Bukan hanya itu saja peranan yang dilakukan koperasi juga dapat membantu
Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada dalam masyarakat.
Peranan koperasi
dalam perekonomian Indonesia adalah :
1.
Alat
pendemokrasi ekonomi
2.
Alat
perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
3.
Membantu
pemerintah dalam mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat
hidup orang banyak
4.
Sebagai
soko guru perekonomian nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi
nasional)
5.
Membantu
pemerintah dalam meletakkan fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan
menjalankan prinsip-prinsip koperasi Indonesia
Peran Koperasi
diberbagai Keadaan Persaingan
A.
Di Pasar Persaingan
Sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
ü
Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
ü
Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis
(homogen)
ü
Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
ü
Para pembeli dan penjual memiliki
informasi yang sempurna
B.
Di Pasar Monopolistik
ü
Banyak pejual atau pengusaha dari suatu
produk yang beragam
ü
Produk yang dihasilkan tidak homogen
ü
Ada produk substitusinya
ü
Keluar atau masuk ke industri relatif
mudah
ü
Berbeda-beda sesuai dengan keinginan
penjualnya
C.
Di Pasar Monopsoni
ü
Disini ada penjual banyak tetapi hanya
ada satu pembeli.
D.
Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada
beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk
Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan
mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan
kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.
v
Penawaran Harga yang bersifat Predator
v
Price Leadership
SUMBER :
http://rachmadhidayatullah02.blogspot.com/2013/01/peranan-koperasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar