BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bisnis merupakan
aktivitas yang selalu ada disekitar kita dan dikenal oleh kaum muda hingga tua.
Pada era globalisasi saat ini, masyarakat Indonesia khususnya para mahasiswa
masih bingung dengan manfaat dan tujuan dari bisnis tersebut.
Perencanaan
bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan harapan sebuah bisnis.
Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah usaha harus mencantumkan
secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku, masalah tempat, tanah dan
lainnya.
Perencanaan
bisnis adalah suatu cetak biru tertulis ( blue
print ) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasi usaha,
rincian financial, strategi usaha,
peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya.
Perencanaan
bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu: sebagai pedoman
untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan
kebutuhan permodalan yang bersumberdari luar.
B.
Perumusan
Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makala ini
yaitu:
1.
Apakah
Pengertian Bisnis?
2.
Apakah
Tujuan Bisnis?
3.
Apakah
Fungsi Bisnis?
4.
Apakan
Elemen-Elemen Dalam Bisnis?
5.
Apakah
Aspek-Aspek Bisnis?
6.
Apakah
Karakteristik Bisnis?
C.
Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makala ini yaitu:
1.
Untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Bisnis
2.
Untuk
mengetahui pengertian bisnis
3.
Untuk
mengetahui tujuan dan fungsi bisnis
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang
atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba
sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis
dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis
mendapatkan imbalan sesuai waktu, usaha atau capital yang mereka berikan.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana
seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan
keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh
individu atau sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai melalui
penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi melalui transaksi.
Ada beberapa
definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya:
a.
Menurut
Brown dan Patrello :
“Business
is an institution which produces good and services demanded by people” yang
berarti bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang
dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba. (1976)
b.
Meurut
Steinford :
“Business
is all those activities involved in providing the goods and services needed or
desired by people” yang berarti bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan
barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. (1979)
c.
Menurut
Griffin dan Ebert :
“
Business is an organization that provides goods or services in order toearn
provit” yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang
dan betujuan untuk menghasilkan profit atau laba. (1996)
d.
Menurut
Hugles dan Kapoor :
“Business
in the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the
goods and services that satisfy societies needs. The general term business
refer to all such efforts within a society or within an industry” yang berarti
bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk
menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keutungan dalam
memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry.
e.
Menurut
Allan Afuah :
Bisnis
adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara
menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau
jasa yang diinginkan konsumen. (2004)
f.
Menurut
Glos, Steade dan Lowry :
Bisnis
merupakan jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang
berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang atau
jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas
hidup mereka.
g.
Menurut
Musselman dan Jackson :
Bisnis
merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis
masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas
tersebut.
B.
Tujuan
Bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha, berusaha mengolah
bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang
dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba
maksimum,yakni suatu imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu
produk bagi konsumen.
C.
Fungsi
Bisnis
Bisnis
mempunyai fungsi menurut tokoh dan fungsi dalam mikro dan makro, yakni:
Menurut
Steinhoff (1979:17), fungsi yang dilakukan oleh aktivitas bisnis dapat
dikelompokan ke dalam tiga fungsi dasar yaitu :
a.
Acquiring
Raw Materials (memperoleh bahan baku)
Dalam
membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari
kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat nuku tulis kita
memerlukan dahan untuk membuatnya.
b.
Manufacturing
Raw Materials into products
Setelah
bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk. Misalnya:
dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai rasa.
c.
Distributing
Products to Consumers
Produk
yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.
E.
Elemen
– Elemen Dalam Sistem Bisnis
Elemen
dalam bisnis terdiri dari empat, yaitu:
1.
Modal
(Capital)
Sejumlah
uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.
Bahan-bahan
(Materials)
Fakor
produksi yang diperlukan dalam melaksanakan akftifitas bisnis untuk diolah dan
menghasilkan barangdan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3.
Sumber
Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi
SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.
Keterampilan
Manajemen (Management Skill)
Sistem
manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
F.
Aspek
- Aspek Bisnis
Aspek
bisnis terbagi menjadi empat, yaitu:
1.
Kegiatan
individu dan kelompok
2.
Penciptaan
nilai
3.
Penciptaan
barang dan jasa
4.
Keuntungan
melalui transaksi
G.
Karakteristik
Bisnis
Adapun
karakteristik yang dimiliki oleh bisnis yang terdiri dari tiga karakteristik,
yaitu:
1.
Kompleksitas
dan keanekaragaman
2.
Saling
ketergantungan
3.
Perubahan
dan inovasi
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah
menguraikan bab sebelumnya maka penulis mengambil kesimpulan yaitu:
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang
atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba
sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas
dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan
bisnis dimiliki pleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang
atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau
sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai melalui penciptaan
barang dan jasa untuk memenuhi melalui transaksi.
Dari analisisdiatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa
menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami apa saja
komponen-komponen yang ada di dalam bisnis. Sehingga, kita tidak mengalami
kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita jalankan. Misalnya, Bisnis
industi garmen merupakan salah satu bisnis yang paling laris saat ini, banyak
orang-orang yang memerlukan fashion atau model pakaian yang kualitas bagus dan
terjangkau harganya. Dengan demikian, industry garmen seperti inilah yang
menjadi solusi bagi mayarakat menengah ke bawah.
B.
Saran
Penulis menyadari sepenuhnya
penulisan makala tentang bisnis ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu
kritik dan saran sangat membantu penulis dalam mencapai tujuan yang lebih baik.
DAFTAR PUSAKA
Widyatmini. 1996. Diktat Pengantar Bisnis. Gunadarma : Jakarta.
DH Basu Swastha DR. 1998. Pengantar Bisnis Modern. Liberty : Yogyakatra.
Solihin Ismail. 2006. Pengantar Bisnis. Prenada Media : Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar