Jumat, 18 Oktober 2013

RUANG LINGKUP BISNIS


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada disekitar kita dan dikenal oleh kaum muda hingga tua. Pada era globalisasi saat ini, masyarakat Indonesia khususnya para mahasiswa masih bingung dengan manfaat dan tujuan dari bisnis tersebut.
Perencanaan bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan harapan sebuah bisnis. Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah usaha harus mencantumkan secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku, masalah tempat, tanah dan lainnya.
Perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis ( blue print ) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasi usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya.
Perencanaan bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu: sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumberdari luar.

B.   Perumusan Masalah
            Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makala ini yaitu:
1.    Apakah Pengertian Bisnis?
2.    Apakah Tujuan Bisnis?
3.    Apakah Fungsi Bisnis?
4.    Apakan Elemen-Elemen Dalam Bisnis?
5.    Apakah Aspek-Aspek Bisnis?
6.    Apakah Karakteristik Bisnis?

C.   Tujuan
           Adapun tujuan dari penulisan makala ini yaitu:
1.    Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Bisnis
2.    Untuk mengetahui pengertian bisnis
3.    Untuk mengetahui tujuan dan fungsi bisnis

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai waktu, usaha atau capital yang mereka berikan.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi melalui transaksi.
Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya:
a.    Menurut Brown dan Patrello :
“Business is an institution which produces good and services demanded by people” yang berarti bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba. (1976)
b.    Meurut Steinford :
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people” yang berarti bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. (1979)
c.    Menurut Griffin dan Ebert :
“ Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit” yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan betujuan untuk menghasilkan profit atau laba. (1996)
d.   Menurut Hugles dan Kapoor :
“Business in the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry” yang berarti bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keutungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry.
e.    Menurut Allan Afuah :
Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)
f.     Menurut Glos, Steade dan Lowry :
Bisnis merupakan jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang atau jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
g.    Menurut Musselman dan Jackson :
Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

B.   Tujuan Bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha, berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum,yakni suatu imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.

C.   Fungsi Bisnis
Bisnis mempunyai fungsi menurut tokoh dan fungsi dalam mikro dan makro, yakni:
Menurut Steinhoff (1979:17), fungsi yang dilakukan oleh aktivitas bisnis dapat dikelompokan ke dalam tiga fungsi dasar yaitu :
a.    Acquiring Raw Materials (memperoleh bahan baku)
Dalam membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat nuku tulis kita memerlukan dahan untuk membuatnya.
b.    Manufacturing Raw Materials into products
Setelah bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk. Misalnya: dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai rasa.
c.    Distributing Products to Consumers
Produk yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.

E.    Elemen – Elemen Dalam Sistem Bisnis
Elemen dalam bisnis terdiri dari empat, yaitu:
1.    Modal (Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.    Bahan-bahan (Materials)
Fakor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan akftifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barangdan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3.    Sumber Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.    Keterampilan Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.

F.    Aspek - Aspek Bisnis
Aspek bisnis terbagi menjadi empat, yaitu:
1.    Kegiatan individu dan kelompok
2.    Penciptaan nilai
3.    Penciptaan barang dan jasa
4.    Keuntungan melalui transaksi

G.   Karakteristik Bisnis
Adapun karakteristik yang dimiliki oleh bisnis yang terdiri dari tiga karakteristik, yaitu:
1.    Kompleksitas dan keanekaragaman
2.    Saling ketergantungan
3.    Perubahan dan inovasi


BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Setelah menguraikan bab sebelumnya maka penulis mengambil kesimpulan yaitu:
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki pleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi melalui transaksi.
Dari analisisdiatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis. Sehingga, kita tidak mengalami kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita jalankan. Misalnya, Bisnis industi garmen merupakan salah satu bisnis yang paling laris saat ini, banyak orang-orang yang memerlukan fashion atau model pakaian yang kualitas bagus dan terjangkau harganya. Dengan demikian, industry garmen seperti inilah yang menjadi solusi bagi mayarakat menengah ke bawah.

B.   Saran
Penulis menyadari sepenuhnya penulisan makala tentang bisnis ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu kritik dan saran sangat membantu penulis dalam mencapai tujuan yang lebih baik.

DAFTAR PUSAKA
Widyatmini. 1996. Diktat Pengantar Bisnis. Gunadarma : Jakarta.
DH Basu Swastha DR. 1998. Pengantar Bisnis Modern. Liberty : Yogyakatra.
Solihin Ismail. 2006. Pengantar Bisnis. Prenada Media : Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar