Topik : Pengembangan Rencana Perusahaan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sebuah perusahaan atau organisasi memiliki tujuan
untuk menjadi lebih baik dam besar dalam perkembangannya ke depan. Keberhasilan
sebuah perusahaan atau organisasi berhubungan pada banyak faktor. Salah satu
faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah perusahaan atau organisasi yaitu
perencanaan strategi.
Secara umum, perencanaan strategi dapat diartikan
sebagai proses pengambilan keputusan strategis oleh sebuah perusahaan atau organisasi
untuk mencapai tujuan dari perencanaan yang telah direncakan.dalam hal ini,
langkah strategis yang diambil dalam sebuah perencanaan strategis mengandalkan
segala aspek yang ada diperusahaan atau organisasi tersebut, misalnya
pemberdayaan sumber daya ( modal dan man power atau SDM ).
B. Perumusan Masalah
Adapun yang menjadi
rumusan masalah dalam makala ini, yaitu:
1. Perencanaan Strategis
Menurut Para Pakar
2. Manfaat Perencanaan
Strategis
3. Proses Perencanaan
Strategis
C. Tujuan
A. Untuk memenuhi salah
satu tugas mata kuliah pengantar bisnis
B. Untuk menambah
pengetahuan dan wawasan yang lebih tentang pengembangan usaha.
C. Untuk mengetahuin
proses pengembangan strategis
BAB II
PEMBAHASAN
A. Perencanaan Strategis
Menurut Para Pakar
Definisi perencanaan strategis telah diungkapkan oleh banyak pakar.
Menurut Kezner, perencanaan strategis adalah sebuah alat manajemen yang dipakai
untuk mengelola kondisi saat ini menjadi lebih baik dan lebih maju pada masa
yang akan datang.
Sementara itu, Brown menjelaskan bahwa untuk mencapai goal dari strategi
yang telah diambil atau ditetapkan, seluruh pendukung perusahaan, mulai dari
atasan hingga bawahan harus bekerja dalam sebuah system yang ada dalam
perencanaan strategis.
Perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan langsung dengan dengan
manajemen perubahan. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil penelitian yang
mengatakan bahwa strategic planning adalah suatu rangkaian proses yang mengedepankan
inovasi untuk perubahan yang lebih baik. Jika perubahan tanpa diikuti dengan
adanya inovasi, langkah strategis yang telah diambil bisa dikatakan
gagal.
Dalam proses perencanaan strategis, menjalankan pengembangan
program-program strategis akan mencapai cita-cita perusahaan secara efektif dan
efisien. Dalam dunia usaha, analisis bisnis dengan mengembangkan perencanaan
strategis mulai dikenal pada era 1950-an. Namun pada awalnya, sebagian
besar perusahaan yang mengembangkan strategi perencanaan mengalami kegagalan.
1. Manfaat Perencanaan
Strategis
Perencanaan untuk mengambil langkah strategis bukan tanpa tujuan.
Perusahaan atau organisasi yang mengambil langkah strategis memiliki tujuan,
yaitu goal positif untuk kemajuan perusahaan atau organisasi.
Berikut
ini manfaat dari pengambilan langkah strategis bagi perusahaan atau organisasi:
A. Kerangka Kerja untuk
Pengembangan Anggaran
Suatu anggaran perusahaan membutuhkan komitmen sumber daya untuk tahun ke
depannya. Oleh sebab itu, penting halnya untuk manajemen untuk membuat komitmen
sumber daya agar menghasilkan ide yang jelas untuk langkah perusahaan ke
depannya.
Suatu perencanaan strategis diharapkan menyediakan keranagka kerja yang
lebih luas. Dengan demikian, manfaat langkah strategis perusahaan ini dapat
memfasilitasi anggaran yang efektif.
B. Alat Pengembangan Manajemen
Perencanaan strategis pun bermanfaat sebagai alat dalam manajemen
perusahaan. Sebagai alat manajemen dalam hal pendidikan dan pelatihan manajemen
unggul, perencanaan langkah strategis diharapkan dapat melengkapi para manajer
untuk mengembangkan pemikiran tentang strategi dan pelaksanaan dari strategi
tersebut.
Dapat dikatakan bahwa proses dalam sebuah perencanaan strategis lebih
penting daripada output yang
dihasilkan perencanaan pengambilan langkah strategis.
C. Mekanisme Memaksa Manajeman
Berpikir Jangka Panjang
Para manajer perusahaan cenderung mengalami
kekhawatiran tentang masalah-masalah taktis dan pengelolaan urusan bisnis yang
rutin dibandingkan dengan melakukan atau menciptakan terobosan untuk masa depan
perusahaan. Proses pengambilan langkah strategis formal ini memaksa para
manajer untuk meluangkan waktu dan kesempatannya agar memikirkan berbagai
masalah jangka panjang.
D. Alat untuk Mensejajarkan
Manajer dengan Strategi Perusahaan
Debat, diskusi, dan negosiasi yang terjadi dalam
proses perencanaan strategis dapat menyatukan dan mensejajarkan kedudukan
manajer dengan strategis tersebut. Pembuatan rencana strategis mengungkapkan
bahwa segala macam keputusan yang bersifat individual tidak menciptakan
suatu keseluruhan yang memuaskan.
2. Proses Perancanaan Strategis
Dalam sebuah perusahaan, periode operasi perusahaan dijalankan sesuai
dengan tahun kalender. Proses pengambilan langkah strategis ini dilakukan
sebelum pembuatan anggaran tahunan.
Berikut
ini langkah-langkah dalam perencanaan strategis:
A. Meninjau dan Memperbaharui
Rencana Strategis dari Tahun Lalu
Selama satu tahun, keputusan yang mengubah rencana pengambilan langkah
strategis dibuat. Manajemen dapat memutuskan kapan saja jika kebutuhan akan hal
tersebut ada. Secara konsep, dampak dari keputusan jangka panjang tersebut
sebaiknya dimasukkan dalam rencana pengambilan langkah strategis yang
sifatanya segera setelah keputusan itu diambil.
Jika rencana pengambilan langkah strategis itu tidak dijalankan dengan
baik, rencana tersebut tidak lagi mencerminkan langkah yang akan ditentukan
atau langkah yang akan diamabil oleh perusahaan. Khususnya, rencana itu tidak
mencerminkan dasar untuk menguji langkah strategis dan program yang
dihasilkan dari perencanaan strategis tersebut.
B. Memutuskan Asumsi dan
Pedoman
Rencana strategis yang telah diperbaharui, memasukkan berbagai asumsi
luas, seperti pendapatan dari Produk Domestik Bruto (PDB), tarif tenaga
kerja, tingkat suku bunga, harga jual, dan kondisi pasar. Asumsi-asumsi tersebut
diperiksa kembali dan jika memungkinkan dapat diubah dengan memasukkan
informasi paling terakhir.
C. Iterasi Rencana Strategis
(I)
Dengan memakai asumsi, pedoman, dan tujuan tersebut, unit bisnis dan unit
lainnya membuat desain awal dari langkah perencanaan strategis. Dalam
rencana pengambilan langkah strategis ini memasukkan rencana operasi yang
berbeda dengan rencana yang telah dijalankan sekarang ini, misalnya perubahan
dalam strategi pemasaran.
Dalam perencanaan langkah strategis, staf bagian bisnis mayoritas
melakukan pekerjaan yang bersifat analisis. Sementara itu, manajer bisnis
melakukan pengambilan keputusan dalam strategi perencanaan.
D. Analisis
Ketika atasan atau kantor pusat (Head Office) menerima rencana yang
diajukan unit bisnis, kantor pusat akan melakukan penyatuan menjadi suatu
perencanaan langkah strategis secara keseluruhan. Dalam sebuah perusahaan, ada
staf pemasaran dan perencanaan. Staf ini berfungsi sebagai bagian yang
menganalisis secara mendalam dalam sebuah perencanaan strategis.
Unit bisnis yang merencanakan langkah strategis perusahaan ini, misalnya
merencanakan strategi pemasaran baru. Dalam strategi pemasaran baru tersebut,
akan memecahkan bagaimana caranya agar penjualan yang dihasilkan akan sebesar
dengan hasil yang direncanakan dalam rencana strategis.
E. Iterasi Rencana Strategis
(II)
Analisis dari perencanaan bisnis yang telah jalan pasti memerlukan revisi
jika terjadi masalah dalam perencanaannya. Revisi perencanaan langkah strategis
ini tidak hanya dalam satu unit bisnis saja, tapi juga bisa berdampak pada
perubahan asumsi anggaran yang berakibat pada terpengaruhnya semua unit bisnis.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil pembahasan bab
diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa
pengembangan usaha dengan menerapkan strategi – strategi usaha
,memperhatikan aspek – aspek , dan faktor yang diperlukan dalam
mengembangkan usaha adalah hasil akhir dari semua proses tahapan usaha .
Sehingga jika kita tidak
mengembangkan usaha dengan baik dan bijak maka usaha kita akan mengalami
kebangkrutan. Sebaliknya jika mengembangkan usaha dengan baik maka kita bisa
menjadi pengusaha yang berhasil dan sukses.
B. Saran
Penulis menyadari sepenuhnya penulisan makala tentang Pengembangan Rencana Perusahaan ini masih
jauh dari sempurna. Maka dari itu kritik dan saran sangat membantu penulis
dalam mencapai tujuan yang lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Fadilah,
Harris. 2012. Pengembangan Usaha.
Wordpress.com; diakses online pada tanggal 10 April 2013.
Annahira.com.
Perencanaan Strategis, Langkah Strategis
Menuju Masa Depan. Diakses online pada tanggal 10 April 2013.